Sunday, May 5, 2013

TWITTER (Pencicit) dan Masalahnya


Ini merupakan ocehan-ocehan gue mengenai twitterland... Selamat membaca dan bergerutu riaaaa. Hahaha!.

Twitter adalah  salah satu media sosial yang bwaaanyak banget digunain oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia., mulaidari bocah ciprik, anak abege labil, anak2 yang  sok tuwir, pejabat negara sampe ke lembaga2 / organisasi lainnya. Setuju ?????.  Twitter  juga bisa dibilang media / tempat semua curahan hati orang2 mulai dari sedih ampe kebahagian. Itu semua di pamerin disini.Ditwitter lo juga bisa loh berbuat "riya", iya pamer kalo lo abis ibadah atau beramal, dan semacamnya lah ya. Ditwitter lo bisa pamerin diri lo kalo lo punya pacar atau jomblo. Hemmmhh an absurd media, I think.

Twitter memang banyak manfaatnya sih, bahkan media tv kalah cepat dengan twitter dalam memberikan informasi kepada khalayak. Melalui twitter lo bisa melakukan suatu hal yang disebut “KEPO” a.k.a Mau tau Aja.  Lo bias kepoin gebetan lo, pacar lo, mantan lo, bahkan musuh lo sendiri. Apa yang sedang mereka bicarakan, atau apa yangsedang dialakukan??, Kepo kan? Hhehe. Di twitter lo bisa tau ocehan2 orang2 yang lo kenal, mulai dari temen sampe keluarga lo sendiri.  Nah, dengan adanya twitter lo sadar gak sih itu akan membentuk pribadi lo yang lebih nyata dibandingdi dunia nyata, padahal twitter itu sifatnya “maya”, dunia maya. Coba lo perhatiin deh, kalo lo ketemu dengan temen lo tatap muka dan dia orangnya cenderung kalem, coba lo cek twitternya atau gak usah cek deh, kalopun lo saling follow sama dia, coba lo perhatiin kalimat2nya dia kalo lagi ngepost / ngetweet. BEDA.  Iya beda, karena di twitter dia bisa mengeluarkan semua unek2 yang ada dihati dan pikirannya tanpa peduli siapa aja followersnya dia.

And, do you realize? Kebanyakan, atau mungkin rata2 twitter menjadi penyebab masalah bagi kaum Romeo and Juliet. Misalnya si cewe gak suka sama keadaan disaat bertemu dengan cowoknya, eh si cowoknya liatdi TL (timeline) ada ceweknya yg lagi ngedumel (ngedumel termasuk curahan hati), kemudian cowoknya ga nerima daaaan beranteeeem. Atau si cowoknya godain cewek lain di twitter, eh ketauan sama ceweknya, berhubung ceweknya cemburuan banget, diakhiri dengan beranteeeem. (YAAAAAHHH INI KASUS ROMEO AND JULIET YANG MASIH LABIL). Hahaha

Kenapa gue bilangnya LABIL?, ya kalo lo gak labil dan ngerasa gak labil, disaat cowok lo kecentilan sm cewek lainnya, ya bilangin doi baik2 dooong, nasehatin kalo kecentilan sm org lain itu dpt merusak hubungan lo berdua. Bukannya main sindir-sindiran ditwitter. Iyuuuuuuuuuuuuuuh. INI MENURUT GUE. Sindir-sindiran bukan  cuma bisa dilakuin antara sepasang kekasih ya, bisa juga antar temen sendiri yang ujung2nya bisa jadi “musuh sesaat”. Biasanya sih yang sering begitu, cewek VS cewek.  Sama-sama gak bisa nerima, yajadilah sindir menyindir .

Pernah denger / baca kalimat ini : "Twitter mah jangan diseriusin" ?. Guys, lo harus tau, orang2 yang posting informasi di twitter itu murni dari hati dan berasal langsung dari otaknya dia, lalu ke twitter. Bukan dari otak lanjut ke mulut. Ngertikan intinya????

Banyak sih fenomena-fenomena yang bs menjadi masalah yang dimunculin di twitter. Beberapa diantaranya adalah ...
1. KEPO. why??? disaat lo gak sukka dengan seseorang, karena adanya twitter lo bisa ngepoin dia, hhahaha lucu gak sih? gak suka tapi demen ngintip kehidupan per-dunia-maya-an musuh lo itu. Yang jadi masalah adalah, saat lo membaca tweet tweet nya dia yang memang tidak menyindir lo atau bahkan menyindir lo sekalipun (dengan kondisi tidak saling follow), tapi lo ngerasa kalo itu buat lo. Eeeeehhh lo malah marah2 sama orang yg lo kepoin. Itu namanya GILA. Iya, elo gila. Calm down laaaahh.... tanamkan "positive thinking" sama semua orang meskipun itu sulit. Udah ga saling follow, eeeh malah saling kepo-kepoan terus saling sindir-sindiran. Halllaaaaahhhh, LAGU LAMA. By the way, almostly kepo is hurt. More you know, more you hurt.

2. BULLYING. Negara kita emang negara demokrasi sih. Cuman banyak yang salah menafsirkannya. Lo boleh mengkritik / ngedumelin orang, mau baik ataupun jeleknya. Tapi toh yaaa jangan mengandung unsur kalimat2 yang keliatannya jadi ngebully. Segala orang tua lo sendiri lah lo bully secara gak langsung tanpa lo sadarin. Bahkan presiden pun ikut di bully. Di twitter lo bisa  sesuka hati lo ngebongkar aib orang lain bahkan diri sendiri. Cerdaslah dalam mengkritik tapiii, lo juga harus kasih saran yang membangun dong! oooh common.... cerdaslah dalam posting sesuatu di twitter. Postinglah informasi yang bermanfaat utk followers lo.

3. TWEET WAR. Kepo dengan tweet war itu agak berkaitan sih... pasti lo pernah ngalamin kan??? iyakaan?. Yaaa 11-12 lah. Kepo yang ujung-ujungnya tweetwar. Twitter membuat sikap dan perilaku orang jadi serba salah.

4. OBSERVER GRAMMAR (Pemerhati Tata Bahasa). Ini lucu!!. hahahaha. Lo pasti pernah kan atau sering posting kalimat dengan menggunakan bahasa inggris. Kalo lo salah sedikiiiit aja, pasti ada yang benerin. Baik sih ada yang benerin kalimat salah lo, tapi lo pasti malu kan sama followers lo yang lain. "Yaahahaha bahasa inggrisnye aje salah" Hahahaha. Shit man!. Yang benerin sih syukur alhamdulillah hatinya baek, tapi kalo yang nyinyir??? Kesian deh lo.

5. THE SECOND GOD. Kenapa gue bilangnya the second God? .Sebelum adanya twitter, hubungan percintaan lo adalah hal yang sangat private. Sebelum adanya twitter, aib merupakan hal yang sangat tdak mungkin dibicarakan bahkan utk konsumsi publik,malah kadang sesuatu tentang lo mesti di share di twitter "Kalo gue itu anaknya / orangnya blablabla........" MASALAH BUAT GUE, suka suka dia juga sih, hahahaSebelum adanya twitter, lo berdoa hanya kepada Tuhan. Berkeluh kesah sama Tuhan (laaahhh bedanya sama apa yg gue lakuin di blogg ini apaan? hahaha) dan Diary Book. Yaaa semenjak munculnya twitter, kebanyakan orang ngobrol atau ngeluh atau berdoa di twitter dengan menyebut nama Tuhan. Berasa Tuhan punya twitter. But no problem sih sebenenrnyaaaaa. Nah diary book udah gak laku lagi nih. Malah ada yang pernah bilang, orang2 yg curhat di buku diary orang2 yang cenderung introvert (cari sendiri di google pengertiannya). SO WHAT?

Diantara fenomena-fenomena yang ada di twitter yang telah gue sebutin tadi, lo pernah ngalamin yang mana???

Seperti yang gue sebutin tadi "twitter bisa membentuk karakter pribadi yang sebenernya". 
Dunia maya : BAWEL ,  dunia nyata: PENDIAM = Karakter aslinya ya yang ada di sunia maya. Karena kalimat2 yang ada di dunia maya berasal dari hati dan pikiran.

Dunia maya dan nyata sama-sama bawel = HYPERACTIVE. Cenderung disukai banyak orang, banyak temennya.

(HAL DI ATAS DITELITI BERDASARKAN JENIS KALIMAT YANG DIGUNAKAN)


Berikut jenis postingan mereka yang berstatus pacaran (USIA YANG SEHARUSNYA BERSIKAP DEWASA, 20 tahun keatas):
Oke lo punya pacar. Tapi ya jangan terlalu pamer aktivitas lo sama pacar lo itu. Karena bukan itu yang para followers lo butuh. Kasian lo nya juga kan kehilangan followers gara2 sikap pamer lo klo lagi pacaran. Apa-apa update lo sama pacar lo, bahkan lagi ngobrol sama orangtua pacar pun sampe diupdate. Kasian kan beliau, lo kacangin sama gadget lo demi utk update status yang emang ga penting sih.
 "abis ditemenin belanja sama si pacar nih, cc: @....(nama pacar)"SO WHAT?.
"lagi ngobrol sama ortunya pacar nih...asiknyaaa" SO WHAAATTT??.
D A N  S E M A C A M N YA .....................................

Jadikanlah kehidupan lo dengan pasangan lo menjadi kehidupan yang pribadi, yaaa gak pribadi pribadi amat sih. Sesekali update sm doi ga papa lah. Jangan jadikan hubungan lo menjadi konsumsi publik. Emang lo gak malu, umur lo udah 20 tahunan, tapi kalo pacaran masih kayak anak SMP-SMA? Bersikap dewasa lah. Takutnya ada hal yang bisa jadi fitnah.... (YAAA SEMUA ITU EMANG SUKA-SUKA LO SIH. Hhahaha). 

PRINSIP ANAK TWITTER : Twitter ya twitter gue, mau ngetweet apa kek ya suka suka gue

Tapi inget, kadang kalimat "SUKA SUKA GUE" bisa jadi boomerang buat hidup lo. Inget, lo hidup di dunia gak sendirian. Kita pasti butuh satu sama lain, entah materi atau berupa nasehat2 dari orang lain. Kalo lo sering dapet sindiran krn ketidaksukaan terhadap lo, yaa jangan diambil hati. Jangan juga lo benci balik. Kan klo seseorang ngejelekin atau bahkan nyindir lo dosanya lo pindah ke orang tersebut. Dan kalo masih punya prinsip "SUKA SUKA GUE", hidup aje lo di asteroid!.

WASSALAM


@antiajja

No comments:

Post a Comment

Post a Comment